Desember 18, 2008

Pulau Gili Ketapang


Dari namanya kelihatan kalau pulau ini sebagian besar penduduknya beretnik madura. Pulau yang terletak di sebelah utara ini dapat ditempuh selama 30 menit dengan menggunakan kapal melalui tanjung tembaga. Oh ya sebenarnya kalau pemerintah mau pelabuhan yang hanya satu - satunya di Probolinggo ini dapat dijadikan objek wisata loh. Kenapa?? Kan orang - orang yang lagi stress sering pergi ke laut buat tenangin pikiran, nah kenapa pemerintah tidak memanfaatkan hal itu? Padahal kan Probolinggo ini punya potensi yang besar di bidang perpantaian. Tapi kalau kita lihat Pelabuhan Tanjung Tembaga tidak terurus benar. Liat aja banyak sampah berkeliaran disana, maksud saya berserakan. Sayangkan laut yang sebenernya indah banget jadi tercemar. Apalagi baunya uuuuh menyengat banget.

Oh kembali ke topik utama, sebenarnya sih saya belum pernah mengunjungi pulau ini, tapi menurut informasi yang saya dapatkan dari wisatanet.com pulau ini indah banget. Di liat - liat dari fotonya sih emang kayaknya bener. Jernih loh airnya. Kata penduduk setempat sih pada tahun 80'an banyak lo turis yang datang ke pulau ini. Tapi karena keteguhan iman dari penduduk di pulau itu mereka gak mau lagi menerima kunjungan dari turi - turis itu. Maksudnya keteguhan iman?? Gini kalian tau sendiri kan kalau turis liat pantai dan matahari yang terik mereka selalu pingin buka baju dan hanya menggunakan bikini. Kan kalau turis datang ke Indonesia tujuannya kan buat jadi item. Oleh karena itu penduduk setempat yang masih kuat berpegang teguh pada imannya menolak menerima kunjungan lagi dari para turis.

Sebagian besar penduduknya berprofesi sebagai nelayan. Selain potensi lautnya, pulau ini juga mempunyai objek wisata lain berbentuk gua. Namanya sih Goa Kucing. Gak tau kenapa dinamain kayak gitu. Tapi lumayan juga loh pengunjungnya. Kebanyakan sih dari domestik
dan untuk keperluan religius gitu.

Oh ya luas dari pulau ini sekitar 68 hektare. Pemandangannya cihuy banget. Lumayan lo buat tempat pemotretan. Sebenarnya kalau pemerintah mau tempat ini bisa dijadikan tempat wisata kayak bali gitu. Tapi cara pertama yaitu dengan mengadakan sosialisasi kepada masyarakat. Pengarahan yang ditujukan kepada masyarakat bertujuan memberikan pengertian tentang potensi pulau itu, termasuk membuka lapangan kerja. Kedua pemerintah harus memperbaiki sarana transportasi. Seperti kapal dan pelabuhan harus mulai direhab. Baru yang ketiga sebar luaskan pada masyarakat luas.

Okey, tips kalau kesana. Pertama jangan bawa barang banyak - banyak, karena pulau ini bisa dijelajahi selama kurang dari satu hari. Selain itu, kalau dilihat - lihat penginapan yang ada kayaknya minim. Kedua, sediain topi and kacamata hitam, kan panas disana. Pakai baju santai juga. Ketiga, tetep kamera jangan lupa. Keempat, bawa seseorang yang paham betul tentang bahasa madura takut kalian ke sasar dan gak ngerti basa madura.

Stop, cukup, terimakasih.

Tidak ada komentar: