Desember 18, 2008

Air Terjun Madakaripura


Air terjun yang terletak di Desa Ngepung ini emang sip dah. Kalau kamu - kamu punya jiwa - jiwa narsis, tempat ini cocok buat kamu foto - foto ria. Sebenarnya sih tempat ini mudah untuk ditemukan tapi sulit untuk dicapai. Menurut wisata.net, waktu yang diperlukan untuk pergi ke air terjun madakipura sekitar 45 menit. Belum lagi medan yang dilalui lumayan ekstrim. Kok bisa ekstrim?? Kita harus melewati bibir sungai dan bebatuan besar.

Kalau terjadi hujan di puncaknya, debit air di air terjun menjadi tinggi. Bahkan pernah loh, sekitar beberapa tahun lalu terjadi banjir bandang di daerah ini. Bayangkan aja, saking dahsyatnya banjir ini tanggul dan jembatan sampai jebol. Ini bisa dilihat dari puing - puing beton di sekitar sungai.

Eh tau gak kalian kalau air terjun ini bisa dibilang keramat loh. Kok bisa?? Ya asal kalian tau, Maha Patih Gajah Mada, yang terkenal dengan sumpah palapanya pernah loh semedi di tempat ini. Gak kebayang kan ?? Saking keramatnya banyak orang yang bela - belain mandi di pancuran air terjun Madakaripura supaya awet muda. Bukan wong cilik aja, pejabat - pejabat yang kebelet akan kekuasaan juga berbondong - bondong loh ke air terjun ini. Hebat tenan kan.

Tapi maaf yo, kalau informasi tentang madakariputa yang saya dapat kurang memuaskan anda - anda. Alasannya ya gitu, pemerintah probolinggo kurang kasih perhatian ama tempat - tempat wisata kayak gini. Padahal indah banget loh air terjunnya. Pernah sekali lah lihat air terjun ini, walaupun gak sampai ke dasar. Jangankan beritanya, papan informasi tentang letak air terjun ini juga sedikit kok, susah dicari pula. Kalau kayak gitu kapan mau dapat devisanya, kalau tempat - tempat yang indah kayak gitu gak diperhatiin.

Sedikit tips aja kalau kesana, pertama bawa sepatu boot tau sendiri kan medannya yang sulit kayak gitu. Kedua jangan lupa bawa baju ganti, siapa tau kalian kebelet pingin awet muda trus mandi di air terjun itu. Ketiga jangan lupa bawa kamera, sayang kalau dilewatin lo pemandangannya. Keempat harus beramai - ramai supaya gak kesasar kalau bisa didampingi guide.

That's all. Terimakasih

Tidak ada komentar: