Desember 18, 2008

Gunung Bromo,,


Nama Bromo menurut wikipedia berasal dari kata sansekerta yaitu brahma yang artinya tidak lain adalah dewa. Bromo sendiri merupakan objek wisata termakmur di Kota Probolinggo. Apalagi saat musim Kasada pengunjung di Bromo jadi berlipat - lipat rua. Bagi pelancong dari luar Indonesia, Bromo merupakan daftar wajib yang harus dikunjungi, tentunya selain Bali dan Bunaken.

Gunung ini memiliki ketinggian sekitar 2.392 meter. Karena potensi yang dimilikinya, Bromo menjadi rebutan beberapa daerah. Ada Pasuruan, Lumajang, Malang dan pasti Probolinggo. Selain karena keindahannya Bromo juga terkenal dengan masyarakatnya, masyarakat Tengger. Masyarakat tengger terkenal dengan kehidupan sehari - harinya yang mengedepankan kekeluargaan. Mayoritas masyarakatnya beragama Hindu. Tengger sendiri merupakan akronim dari kata Roro Anteng (teng) dan Joko Seger (ger). Menurut cerita keduanya merupakan pasangan suami istri yang lama sekali tidak memiliki anak. Karena kebeletnya mereka akan kehadiran orang ketiga dalam rumah tangga mereka, merekabertapa ke sebuah gua untuk meminta pertolongan dewa. Eh dewanya malah memberikan anak sampai 25 padahal mereka mintanya gak banyak - banyak. Tapi sang dewa gak ikhlas lo. Salah satu anak mereka harus di berikan kepada dewa sebagai korban. Karena kebanyakan anak mereka sampai lupa ama janji mereka. Dan suatu hari salah satu anak mereka tercebur ke kawah, dan anak itu berpesan agar setiap tahun warga tengger selalu memberikan korban pada dewa. Nah, itulah yang mendasari adanya upacara kasada uang tersohor sampai nan jauh.

Satu lagi yang buat bromo terkenal, apalagi kalau bukan sunrisenya. Banyak loh turis yang bela-belain untuk bangun pagi buat liat sunrise. Tapi emang bener sunrisenya indah bener. Kalau kita masuk ke area bromo kita akan melewati padang pasir yang lumayan tidak teralu luas. Kalau kalian mau ke bromo jangan lupa siapin topi, celana panjang, dan masker. Kenapa? adem banget lo di sana. Apalagi kalau nginep. Brrrr. Oh ya jangan lupa bawah kamera buat yang mau narsis dengan background pemandangan yang indah.

Ada beberapa tempat penginapan disana yang bisa dijadikan tempat istirahat. Saya beri tips, kalau misalnya nginep di sekitar bromo cari penginapan yang ada hot showernya, trus cari penginapan yang nyediain guide supaya gak kesasar, yang ketiga cari yang deket ladangnya warga supaya bisa liat aktivitas mereka, keempat cari yang deket masjid karena jarang banget ada masjid disana, kelima cari yang banyak turisnya, lumayan buat nambah - nambahi latihan.

Cukup sekian!!!!!!!!

Tidak ada komentar: