Desember 18, 2008

Candi Jabung


Candi yang terletak di Desa Paiton ini merupakan peninggalan dari sebuah kerajaan adidaya, Majapahit. Candi ini ditasbihkan sebagai bangunan suci dengan nama Bajrajinaparamitapura. Panjang ya namanya?? Di bangun dengan tujuan sebagai tempat pemujaan Brha Gundal, seorang wanita yang masih memiliki garis keluarga dengan Hayam Wuruk. Kalau dilihat - lihat sih tempat dari candi ini sangat strategis. Berada di dekat jalur utama Pantai Utara, dan hanya berjarak sekitar 5 km dari kraksaan. Jadi ini tinggal pintar - pintarnya pemerintah dan masyarakat sekitar untuk menarik perhatian wisatawan.

Para ahli memperkirakan 1276 saka / 1352 masehi sebagai hari ulang tahunnya. Dalam satu kompleks terdapat dua bangunan candi. Yang pertama memiliki wujud yang besar dan yang kedua berbentuk kecil. Yang kecil itu memilki sebutan Candi Sudut karena mungkin letaknya yang berada di sudut kompleks. Candi ini terbuat dari komposisi batu merah sehingga awet muda hingga beratus - ratus muda. Tapi ya tetep harus dilakukan beberapa pemugaran agar bangunan candi tetep kokoh. Berada pada ketinggian 8 m dpld dengan ukuran, panjang 13,11 m, lebar 9,58 m dan tinggi 15,58 m. Sebelum dipugar areal candi ini seluas 35 x 40 m dan sekarang telah mendapat perluasan 20.042 m2. Letak pintu bilik candi berada disebelah barat, maka Candi Jabung menghadap ke barat. Pada sisi barat masih terlihat bagian yang menjorok ke depan merupakan bekas susunan tangga naik memasuki candi.

Di dalam candi terdapat ukiran relief yang bercerita tentang Legenda Sri Tanjung. Ceritanya gini, Sri Tanjung ini merupakan seorang dewi yang memiliki paras cantik. Tapi suatu haru ia difitnah hingga dibunuh. Nah, karena dianggap tidak bersalah para dewa menghidupkan kembali sang dewi. Saat hidup kembali itu sang suami meminta rujuk kembali dengan Sri Tanjung. Tapi ternyata Sri Tanjung gak mau rujuk dengan sang suami kecuali kalau sang suami membawa rambut dari si pemfitnah untuk dijadikan keset. Ya karena cintanya yang setengah mati dilaksanakanlah permintaan Sri Tanjung dan mereka hidup bahagia lagi, lagi, dan lagi.

Ternyata potensi yang dimiliki candi Jabung sangat tinggi. Selain sebagai tempat wisata, candi jabung juga dapat dijadikan tempat pembelajaran. Nah seperti kata saya tadi, ini semua tergantung pinter - pinternya pemerintah dan masyarakat sekitar. Kalau mereka bisa liat itu semua ya pasti dimanfaatin dong. Oh ya selain wisata candi, di dekat Candi Jabung atau sekitar 500 m terdapat sebuah kolam renang. Kan lumayan habis panas - panasan dan serius lihatin candi , kita bisa santai sebentar di sana.

Saatnya tips, pertama jangan lupa bawa buku dan pensil buat nyatet yang penting - penting tentang candi tersebut. Kedua, bawa topi ya. Ketiga, jangan lupa kameranya buat foto - foto. Keempat jangan lupa bawa baju renang kan ada kolam renang disekitar situ.

Terimakasih.

Tidak ada komentar: