Desember 18, 2008

Objek Wisata Lainnya....


Sebenarnya sih ada banyak dan dianatara itu semua yang paling terkenal ada Songa rafting. Saking terkenalnya pernah loh masuk di salah satu channel TV nasional. Tapi sih itu bukan suatu hal yang wah karena pemilik dari usaha ini adalah seorang artis yang sedang menceburkan diri dalam bidang politik, yaitu Adjie Masaid. Selain songa ada juga Regulo, keduanya dikelola pihak swasta.

Kalau yang dikelolah pemerintah ada Taman Wisata Studi Lingkungan, tujuannya sih baik untuk mengenalkan lingkungan kepada pemerintah tapi kayaknya pengelolaan yang kurang maksimal. Tapi dari kacamata saya tempat wisata ini akan memiliki masa depan yang cemerlang. Pemerintah pintar dalam membaca situasi dalam masyarakat. Selama ini masyarakat mencari tempat wisata yang menyegarkan juga memiliki unsur pengetahuan yang tinggi. Dalam TWSL terdapat banyak jenis fauna dan flora. Juga terdapat playground. Dan menurut rencana akan terjadi perluasan area pada TWSL karena luasnya yang kurang memadai untuk sekarang.

Juga ada Ronggojalu, dulu tempat wisata ini sangat diidolakan tapi sekarang terlupakan. Pemerintah kurang memperhatikan tempat wisata ini. Alhasil sekarang tempat itu bisa dibilang mengenaskan. Pengunjungpun berkurang karena tidak berminat lagi dengan tempat wisata ini. Ditambah lokasinya yang jauh dan susah dicapai.

Dari kisah diatas dapat dilihat ada kisah sukses dan kisah kegagalan. Dari kegagalan tersebut pemerintah seharusnya dapat menjadikannya pedoman untuk menciptalan sebuah objek wisata yang memuaskan masyarakat.

Ada beberapa permasalahan yang membuat pemerintah kebanyakan selalu gagal dalam menggali potensi wisata di Probolinggo. Pertama, kurangnya jelihnya pemerintah melihat potensi suatu daerah sebagai tempat wisata karena setiap daerah pasti memiliki potensi wisata. Kedua, kurangnya keseriusan pemerintah dalam mengelola objek wisata yang sudah ada. Dan yang ketiga, tidak adanya kerja sama pengunjung atau masyarakat sekitar terhadap objek wisata yang ada. Jika kita lihat pengunjung yang datang di suatu objek wisata pasti memiliki tangan - tangan jail. Ya membuang sembarang, ya corat-coret sana - sini dan ya yang lain - lain.

Terdapat langkah - langkah yang dapat dilakukan pemerintah agar objek wisata yang ada ataupun masih dalam perencanaan dapat berjalan dengan baik. Yaitu:
1. Cari lokasi yang strategis dan sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Tidak perlu dengan biaya yang mahal. Kita bisa memanfaatkan potensi - potensi yang sudah ada, seperti pantai dan lain - lain.
2. Lakukan sosialisasi kepada masyarakat tentang potensi yang dimiliki objek wisata tersebut. Seperti lebih terbukanya lapangan kerja dan yang lain - lain.
2. Membangun sarana dan prasaran yang sesuai untuk objek wisata tersebut.Kalau bisa sarana dan prasaran yang sudah ada lebih ditingkatkan lagi supaya tidak teralu menghabiskan biaya.
4. Pemerintah harus gencar - gencarnya melakukan promosi terhadap masyarakat. Bisa melalui reklame,iklan koran,internet, bahkan televisi. Kalau bisa promosi yang dilakukan memiliki unsur kreatif agar masyarakat dapat tertarik perhatiannya
5. Jaga dan rawatlah objek wisata tersebut dan beri pengarahan kepada pengunjung agar tidak merusak properti. Pemerintah juga yan Habis Manis Sepah Dibuang. Mereka harus serius menangani objek wisata tersebut.

Sekian opini saya!!! Cayohh Probolinggo!!

Thanks

2 komentar:

probolingo.girl.14 years old. mengatakan...

mawo,,

gambar2nya kurang tuh,, jadinya pusing, kebanyakan tulisan ... kurang menarik ..



thannks.

probolingo.girl.14 years old. mengatakan...

nar, comment-nya jangan pilih yang "tunggu disetujui" (di pengaturannya) cz entar tuh comment nggak bakal nongol di blog lu sebelom di approve ama lu .....



it's all, out, and babay ..